Acara Televisi di Indonesia yang Berkonsep Sama

by - 12:41:00 pm

Acara Televisi di Indonesia yang Berkonsep Sama


 
Sesuai dengan judulnya, tulisan ini akan menuliskan program acara televisi yang sekarang lagi bejibun tayang di televisi dengan konsep yang serupa. Sebenernya kalo diliat dari manfaatnya emang acara-acara  ini ngehibur, tapi bukannya suatu ‘hiburan’ merupakan kebutuhan yang digunakan ketika sedang tidak memiliki kegiatan wajib. Contohnya orang yang kerja setiap hari dan cuma punya sekali waktu buat ngehibur dirinya sendiri, ya misalnya kayak nonton acara-acara televisi tersebut disaat senggang buat ngelepas penat. Tapi disini malah kegunaannya jadi melenceng dari kegunaan sebenarnya. Langsung aja dah!

1.      YKS


Acara ini kayaknya banyak diikutin sama stasiun tv yang lain karna ratingnya yang tinggi. Ditambah sama adanya goyangan wajib yang dinamain goyang cesar + lagunya yang fenomenal Buka Dikit Joss yang dibawain sama anaknya Annisa Bahar. Awalnya goyang cesar itu booming di kalangan masyarakat dan selalu diputer di beberapa media mau di hp, di tukang kaset, tukang ngamen, warteg, pangkalan tukang ojeg, warnet semuanya pada nyeteeeel lagu itu dan bahkan di youtube juga banyak yang ngeparodiin goyangan cesar tersebut! Dasar Indonesia-_____-

Dan masalah utama dari acara ini bukan dari goyangan dan lagunya. Tapi isi dari acara itu. Jujur gue suka nonton acara ini tapi gak sering cuma kalo lagi senggang doang atau kalo gue lagi makan. Dan biasanya daripada gue makan sambil bengong mending gue makan sambil nonton tipi. Karna dikamar gue gak ada tipi jadi gue terpaksa harus duduk di ruang tipi sambil ngunyah sambil mantengin acara tipi *curhat.

Acara ini gue gak tau faedahnya apaan. Disamping ngata-ngatain orang, mereka bertingkah kayak anak kecil, joget-joget dangdut doang, bikin acara perlombaan kayak adu panco, mempermalukan para penonton yang disuruh naik ke stage,dll.

Acara ini dimulai dari setengah 7 sampe tengah malem*kalo gak salah. Gue gak tau persis jam berapa acara ini selesai, tapi ketika gue keluar dari kamar dan liat di tipi sekitar jam 10-11 acara itu masih ada!!! Oemjih! Kagak pada aus apa tu orang-orang??? Disini patut dipertanyakan. Para pembawa acara itu kan mayoritas pada Islam dan acara dimulai sebelum adzan solat Isya. Bahkan selepas gue solat Isya acara tersebut masih berjalan dan para pembawa acara masih sibuknya mereka ngata-ngatain orang. Dan semua penonton tertawaaaaa di atas penghinaan itu. Ckckck. Dan acara ini tuh LIVE ya! Sekhali laghi LIVE pemirsza!! Apa mereka gak ada yang solat???? Disini salah satu hal yang tidak mendidik bagi orang-orang terutama anak kecil. Bukannya pada solat, atau gak pada belajar atau gak tidur lebih cepet mereka malah nontonin ginian!

Anak-anak SD yang gue liat, mereka jadi suka ngecengin orang lain. Misalnya, gue pernah liat temen-temen SD adek gue, tapi bukan temennya. Mereka bergerombol kira-kira 5 orang. Dengan tanpa bersalah mereka ngata-ngatain temennya, bahkan ada anak orang lain yang ngelewatin mereka dikata-katain ama bocah-bocah kecil itu, bahkan gue juga pernah dikata-katain dengan sebutan yang gak gue suka banget:’( sedih deh:’(:’( tapi ya namanya anak bocah masih piyik-piyik gue diemin aja daripada gue tawuran trus bonyok ama anak bocah kan gak elegan banget. Menurut gue sih, ini juga ada kaitannya sama acara yang tidak mendidik ini.


2.      Campur-campur



Sama juga kayak YKS tapi memiliki theme song yang berbeda dan jogetan yang berbeda yang berjudul cabe-cabean. Acaranya gak jauh beda sama YKS. Disini mereka cuma seneng-seneng, ngatain orang, akting-akting gak jelas, joget-joget dangdut, sulap dari Denny Darko, dll. Dimulai dari maghrib bahkan sampe isya pun mereka seakan gak ada yang menghormati panggilan solat. Semuanya sibuk dengan acara yang memprioritaskan penghinaan yang dibuat lucu oleh para pembawa acara tersebut.

3.      Dahsyat


Acara ini tadinya acara chart-chart musik gitu tapi gak tau kenapa acaranya jadi melenceng dari konsep, malah sekarang kayaknya jadi kayak acara lawakan. Ada theme song dan  Dan orang yang bawain acara ini juga gak beda jauh dari acara-acara yang sebelumnya gue sebutin. Durasi acara ini juga lumayan lama sekitar 3 jam*kalo gak salah. Orang nganggur jadi males kerja gara-gara keasikan nonton ginian*kale.

4.      SMS


Kalo yang ini sih acaranya cuman Sabtu-Minggu doang tayangnya. Tapi konsepnya sama, ada theme song dan joget wajibnya namanya Goyang Jebret. Acara ini adanya di Trans 7. Samaaaa! Acaranya ngelawak, bagi-bagi hadiah, joget dangdut, dsb.

5.Inbox

Acara ini juga sekarang ada theme song dan jogetannya yang ada lirik “bapake inbox, bapake inbox, bapake inbox”. Dan sekali lagi acara ini tidak jauh berbeda dengan acara-acara yang gue sebutin di atas.



Dan kesimpulannya adalah acara-acara ini semuanya hanyalah hiburan semata, dan banyak sisi jelek dari acara-acara di atas dibanding dengan manfaat yang dapat diambil. Sebenernya juga masih banyak acara yang gak mendidik. Intinya acara-acara diatas gak beda jauh performanya. Ngatain kekurangan orang, ngelawak gak jelas, joget-joget bareng, bagi-bagi hadiah. Dan acara ini ngajarin kalian semua yang nonton buat jadi pelawak. Contohnya seperti yang gue sebutin diatas. Kebanyakan anak kecil sekarang pada udah bisa ngecengin orang lain (meskipun dulu juga ada). Tapi apa semua budaya itu mau kita kembangin terus-terusan? Apa kita semua mau generasi bangsa hanya menjadi seseorang yang ditertawakan orang banyak? Apa kita semua mau generasi bangsa saling menjelek-jelekan satu sama lain? Apa kita mau generasi bangsa bekerja sebagai artis hanya karena dia tidak bermoral(murahan) dan tidak memiliki prestasi dan akhlak yang baik? Sebut aja kayak artis sekarang yang inisial namanya ‘NM’ gak mungkin kalian pada gak ngeh ama inisial itu. Apa kalian mau? Pastinya nggak!!! Pada dasarnya “kita yang nonton mereka yang dapet duit”. Mudah-mudahan tulisan ini memberi manfaat yaaa bagi kita semua untuk memilih tontonan di tipi! Kalo perlu gak usah nonton tipi sekalian, pajang aja jadi akuarium hehe becanda. Makasih udah baca teman-teman :’)

You May Also Like

0 komentar

---FOLLOW ME ON INSTAGRAM---